Map Object dan Art Object

MapObjects adalah kumpulan dari komponen perangkat lunak untuk pemetaan yang digunakan untuk memasukkan peta ke dalam aplikasi. MapObjects dapat dikombinasikan dengan komponen-komponen dari vendor-vendor lain seperti graphing, multimedia, atau objek-objek database. Aplikasi-aplikasi yang telah dibuat dapat disesuaikan sesuai dengan permintaan dari end-user.

MapObjects  merupakan sebuah  third  party  component  yang  bisa digunakan  di  Visual  Basic,  Visual  C++,  Delphi,  dan  lainnya,  agar  bisa menampilkan peta beserta navigasi, dan fungsi-fungsi pemetaan lainnya. Karena  berupa  komponen,  maka  aplikasi  GIS  yang  dibuat  dengan
MapObjects  ini  dapat  dibuat  lebih  flexible,  dapat  digabung  dalam aplikasi yang lainnya, dan dapat bebas dalam membuat tampilan. Disini
kita  akan  menggunakan  MapObjects  Versi  2.  (2.1  atau  2.2)  ,  dan  akan dipakai  dalam  Visual  Basic  6.0.  Dalam  penyampaian  materi-nya,  akan dibuat  berdasar  fungsi-fungsi  pemetaan  baru  dari  fungsi  ini  akan  di breakdown  kedalam  object-object  apa  yang  ikut,  method  dan  property apa yang dipakai, dan langsung disertai contoh coding-nya.

ArcObject adalah urat nadi dari seluruh aplikasi ESRI ArcGIS, atau dapat juga disebut batu bata bangunan ArcGIS. Idealnya arcobject ini dipelajari dulu sebelum mempelajari berbagai aplikasi ArcGIS lainnya. Tidak dapat dipungkiri hal ini akan menyulitkan karena arcobject lebih abstrak dibandingkan dengan aplikasi ArcGIS itu sendiri. Harus diakui akan lebih mudah mempelajari ArcMap ibandingkan dengan mempelajari model obyeknya.

Dimana anda mendapatkan arcobject?

Berbeda dengan mapobject, arcobject bukan suatu produk sebagaimana mapobject. Anda bisa mendapatkan arcobject dari tiga produk ESRI ArcGIS, pertama dari ArcGIS Desktop, kedua dari ArcGIS Engine, ketiga dari ArcGIS Server. Jika salah satu dari ketiganya anda install pada komputer, maka secara otomatis anda mendapatkan arcobject tersebut.

Sebagai suatu model obyek, secara teknis ArcObject merupakan kumpulan/pustaka dari ribuan klas-klas yang memiliki properties dan method.

Bagi para pemula dapat mempelajari dulu bahasa pemrograman berorientasi obyek, didalamnya pasti akan dijelaskan apa itu obyek, kelas, property, dan method. Salah satu sumber yang bagus untuk mempelajari dari dasar tentang hal tersebut adalah situs ilmukomputer.com. Anda bisa memilih memulai dari apa saja, entah itu VB, C#, VB.net, dan lainnya.

Obyek dan Klas

Peta, layer, titik, garis, poligon, tabel, kolom, dan baris adalah suatu contoh obyek. Obyek-obyek ini berada dimemori komputer jika suatu aplikasi SIG dijalankan, dan menunggu pengoperasian dari anda sebagai pengguna.

Klas adalah kode yang melatar belakangi obyek, atau kode dibalik obyek yang menjelaskan obyek tersebut. Jadi setiap kelas akan punya keterkaitan dengan suatu obyek. Karena suatu obyek terkait dengan klas, maka untuk mengaksesnya dengan bahasa pemrograman yang kompatibel dengan arcobject. Apa saja bahasa yang kompatibel itu? Visual Basic for Application (VBA), Visual Basic, Visual C++, C++, Java, C#, Python, Visual Basic.net, dan beberapa lainnya.
Artinya arcobject relatif cukup luas untuk dapat diakses dengan berbagai bahasa yang ada.

Sumber :

http://komunitasgis.com

http://digilib.its.ac.id/public/ITS-NonDegree-7572-7405040007-bab2.pdf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: