Tugas 3 : Profesi/ Bisnis IT yang Berpotensi

Banyak pekerjaan dan profesi di Indonesia pada sekarang ini khususnya di bidang Teknologi Informasi (TI). Profesi-profesi tersebut telah menjadi suatu pilihan atau standarisasi akan kemampuan seseorang IT untuk memilih dimana mereka akan bekerja pada profesi yang diinginkan dan sesuai dengan kemampuannya.

  • Secara garis besar, profesi-profesi dibidang IT digolongkan menjadi 4 jenis yaitu :

1. Network System (Bagian Sistem Jaringan)

Dalam bagian sistem jaringan ini kita juga dapat menyebutkan contoh jenis profesi yang termasuk dalam bagian ini yaitu; Network Administrator, Teknisi jaringan, PC Support, Analis Data Komunikasi, Administrator Keamanan jaringan. Pada bagian ini peluang dalam dunia kerja masih banyak sekali di butuhkan oleh perusahaan IT maupun non-IT.

2. Informatian Support and Service (Pelayanan Informasi dan Dukungan)

Bagian Profesi pekerjaan ini membantu kita untuk memperoleh data dan informasi, Bagian ini juga meliputi custumer service helpdek, kemudian teknikal support yang bekerja untuk membantu proses pekerjaan jika ada yang bermasalah dengan komputer secara umum. Kemudian Database Administrator yang sangat di perlukan untuk mengatur data-data yang di miliki oleh sebuah oraganisasi maupun perusahaan.

3. Interactive Media (Bagian Media Interaktif)

Berhubungan dengan media merupakan salah satu karakteristik dalam dunia informasi, semua harus menggunakan media. Jadi bagian web development, web desain, penggambar 3D, dan jenis pekerjaan yang sedikit membutuhkan seni sangat di perlukan pada jenis profesi dalam bidang tekhnologi informasi ini. Gaji yang di tawarkan pun cukup besar sekali jika anda master dalam bidang ini.

4. Programming Software Enginerring  (Bagian Teknik Pemogramman Software)

Dunia komputer tidak lepas dengan namanya program, jika dunia komputer tanpa program, sama saja manusia tanpa otak. Jadi bidang programmer dan system analis sangat di perlukan sekali dalam bidang komputer. Jenis bidang IT yang memiliki gaji lumayan besar terletak pada bidang ini.

Berdasarkan 4 golongan profesi di atas, saya lebih memilih golongan 3 yaitu profesi IT di bidang Interactive Media (Bagian Media Interaktif) yang termasuk profesi IT berpotensi untuk high profit dan low risk.

Mengapa saya lebih memilih profesi Interactive Media sebagai profesi yang berpotensi untuk high profit dan low risk? Karena menurut saya, profesi ini harus memiliki sense of art yang tinggi yang tidak semua orang memiliki tinggat seni yang sama dan keahlian khusus dalam men-desain sesuatu, memberikan nilai lebih untuk profesi ini, sehingga sangat berpotensi tinggi untuk mendapatkan pendapatan yang tinggi. Apakah resiko nya juga lebih rendah dibandingkan profesi IT yang lain? Menurut saya, iya. Karena biasanya untuk desain yang mereka buat, hanya mereka saja lah yang paham bagaimana cara membuatnya, dan teknik-teknik yang digunakan, sehingga apabila ada desain yang kurang menurut client, dapat segera di perbaiki.

Masih berkaitan dengan bahasan resiko kecil untuk profesi Interactive Media. Sebelum mereka mendesain sesuatu, selalu bertemu dengan client, sehingga sudah ada perjanjian desain yang ingin dihasilkan seperti apa. Kemungkinan yang sering di complain oleh client adalah desain yang kurang menurut mereka, namun apabila hal tersebut terjadi, seorang IT tersebut dapat menunjukkan kesepakatan yang sebelumnya sudah di sepakati. Namun, hal ini tidak boleh di anggap remeh, kepuasaan client tetap harus di nomor satu kan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: