Menentukan Koordinat Tempat Tinggal menggunakan Wikimapia

WikiMapia adalah sebuah sumber daya peta online yang mengkombinasikan antara Google Maps dengan sistem wiki, memungkinkan pengguna untuk menambahkan informasi (dalam bentuk catatan) pada lokasi manapun di bumi. Dibuat oleh Alexandre Koriakine dan Evgeniy Saveliev, proyek ini diluncurkan pada tanggal 24 Mei 2006, dengan tujuan “mendeskripsikan seluruh planet bumi”.

Untuk mencari lokasi yang kita inginkan. Langkah pertama adalah mengetikan alamat www.wikimapia.org di browser yang sudah tersedia di komputer masing-masing. Untuk mempermudah pelacakan lokasi yang diinginkan, kita dapat merubah bahasa dengan memilih fitur bahasa yang ada di menu atas. Terdapat 93 bahasa yang tersedia di Wikimapia (sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/WikiMapia).

Halaman pertama yang muncul setelah kita mengetikkan alamat Wikimapia, terlihat seperti berikut :

Salah satu langkah selanjutnya untuk mencari lokasi yang dituju adalah dengan menggunakan fitur “Search Engine”. Seperti contohnya, saya mencari lokasi tempat tinggal saya, dengan mengetikkan nama jalan raya alamat tempat saya tinggal.

Kemudian klik tombol “Search”, maka akan tampil pilihan-pilihan yang sesuai cocol dengan keyword yg di input.

Setelah saya klik Jl. Kebagusan Raya, ternyata masih terlalu luas wilayah yang ditampilkan di peta. Pencarian saya ulangi dengan mencoba mengetikkan nama sebuah perusahaan yang ada di dekat lokasi tempat tinggal.

Alamat tempat tinggal pun saya dapatkan. Untuk memperjelas wilayah yg dimaksud, dapat menggunakan fitur zoom sampai ke level “street” sehingga gambar pun akan lebih jelas.

Langkah selanjutnya adalah menambahkan lokasi tempat tinggal saya ke dalam Wikimapia yang belum terdaftar. Dengan cara memilih fitur “Add Place”.

Maka akan muncul semacam tool untuk meng-kotak-an wilayah yang saya maksud. Setelah wilayah dikotak-an, kemudian klik save.

Maka akan muncul kotak untuk mengisi keterangan tentang wilayah yang baru saja ditambahkan.

Isi informasi yang berkaitan dengan wilayah yang baru saja ditambahkan. Terdiri dari, pilihan bahasa yang digunakan, nama wilayah, deskripsi wilayah, kategori wilayah, dan pernyataan apakah wilayah tersebut sebuah gedung atau bukan. Kemudian klik tombol “save”. Wilayah yang baru ditambahkan akan menjadi wilayah baru yang ber-label.

Kemudian akan muncul kotak selanjutnya, yang berisikan informasi koordinat.

Koordinat dari lokasi tempat tinggal saya pun akhirnya saya dapatkan J . Ini dia koordinat lokasi tempat tinggal saya : 6ᵒ18’15”S 106ᵒ49’38”E

AFINI MAHABAS
18110043

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: